Rabu, 23 November 2011

Bumil Parno...

dijun hari ini 8 minggu 7 hari.. hore hore hore *goyang-goyang tangan ala sule*

Kemaren lusa, saya all day sickness yang tidak tertahankan heboh sekali (baca: muntah sepanjang hari). Gak kuat. Bukan gak kuat muntahnya, gak kuat lemesnya. Habis minum, muntah. Diisi makanan, muntah. Dibiarin kosong, eh muntah juga. makan permen gingerbon favorit, malah makin heboh mualnya.

Di kantor gak konsen, bawaannya pengen pegang tissue, pengen ke toilet, pengen ketemu wastafel atau kloset. Akhirnya saya menyerah juga. Saya bikin surat izin pulang, tanda tangan HRD, dan pulanglah langsung saya hari itu. 

Perjalanan pulang, alhamdulillah lancar. Saya nahan muntah sampe sebelum nyeberang naik becak. Di depan arista soehatt ada got besar tuh-jackpot-lah saya di situ. Tapi yang keluarnya air doang siy, saking perutnya kosong kali ya.

Sampai di rumah, si emak malah nanya, "kok pulang?". "Seharian muntah.", jawab saya. "Makan cepetan" kata emak saya. Saya bilang aja males makan, karena takut muntah lagi. Lagian saat itu badan lemes, bawaannya pengen tidur.

Kemudian subhanallah yang bikin saya tercengang si emak malah ngomong gini.
"Kok gak makan sih. Lagian muntah hamil kan bukan penyakit? Kenapa mesti dimanjain sih? Muntah ya makan lagi yang banyak, kalo mau muntah lagi ya muntahin aja, isi lagi. Gak kasian apa kamu sama dedeknya? Dia lagi butuh energi buat tumbuh, kamu malah gak mau makan gara-gara takut muntah. Banyak makan ato gak makan pasti bakal muntah. Tapi bukannya lebih baik banyak makan daripada gak makan sama sekali kan. Minimal ada nutrisi yang diserep bayinya."

Emak saya bukan dokter, bukan bidan, punya gelar sarjana aja enggak. Tapi rangkaian omelan itu bener-bener sarat makna sekali buat saya. Entah darimana datangnya tenaga, saya langsung ngambil piring dan satu porsi makanan penuh. FYI, setelah mual hamil saya belum lagi makan seenak itu. Senyaman itu. Sebanyak itu. Alhamdulillah.
nanti begini lho, nanti begitu lho

Yep, selama hamil ini banyak yang saya takutin. Ngobrol sama si A-B-C katanya orang hamil jangan ini, jangan itu, gak boleh ini, gak boleh itu, ntar jadi gini gitu. jadi takut.
Takut muntah, takut denger cerita orang yang aneh-aneh seputar kehamilan, takut denger omelan tukang angkot yang kasar. segala takut. 

Setelah denger wejangan dari emak dan masukan dari suami saya, parno itu gada gunanya. Yang ada kalo parno atau stress malah menghasilkan hormon penghambat pertumbuhan si dd. amit-amit ketok meja. naudzubillah

Mending banyak-banyak istigfar, berdoa, dan tetap senangkan hati. ceria dan semangat.. yeaaah insya Allah 7 bulan lagi si dede lahir di dunia...

semangat!


*Picture

Tidak ada komentar: