Rabu, 11 Juni 2008

Kegiatan Selama Tifus

Kegiatan yang (seharusnya) dilakukan orang Tifus:
Terinpirasi pengalaman pribadi tifus 2 minggu, heheuheuheuehuehe...
1. Istirahat. Menurut temen gue, si Ui yang sakit tipes juga,
urang tipes teh kudu loba sare jeung cicing, tong loba gibrig. Sare na oge nangkarak, meh usus teu gerak.
Kalo diartikan kurang lebih: ” orang tipes harus banyak tidur dan diam, jangan banyak gerak. Tidurnya juga harus dengan posisi kaki ngangkat dan menahan badan, biar usus gak gerak”.
2. Minum yang banyak. Ini penting, soalnya malem dan sore biasanya penderita tipes tinggi sekali (gue nyampe 40C). Minum air putih bisa ngebantu nurunin suhu tubuh, ama detoksifikasi alami. Dan kalo dokter2 ngasih obat penurun panas pun, bakal ngures keringet. Makanya, minum air putih 8 gelas wajib hukumnya.
3. Makan sedikit tapi sering. Penderita tipes lidahnta pait dan gak enak makan. Api tetep paksain makan, biar sedikit tapi sejam sekali lah ada asupan. Pesen emak gue: ”Biar cepet sembuh mamam yang banyak”.
4. Berdoa. Ini penting neh, selaen minta cepet sembuh, juga mminta dijauhkan dari godaan makhluk halus yang jail. Apalagi untuk orang-orang yang lebih peka. Maksud gue, duh rada ghoib juga siy, tipes tuh kan puncak sakitnya tuh kalo ga tengah malem yah dini hari. Hhe, pengalaman gue, suka ada ”makhluk halus” yang gangguin ato malah nemenin ampe adzan shubuh tiba. Istilah orang sunda sih ”eureup-eureup”. Gue, ampir tiap malem selama gue lagi panas-panasnya suhu badan sih gitu terus. Horor juga, tapi ya, takut kan harus selalu ama Allah ya.

Tidak ada komentar: