Minggu, 15 Juni 2008

Tips Lulus PTN impian

Hari gini, masih mikirin PTN ato PTS, plis deh… Yup, emang bener, zaman sekarang emang hampir gak ada bedanya, kuliah di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) ato PTS (Perguruan Tinggi Swasta), toh kualitasnya pun hampir sejajar. Eits, tapi ada suatu kebanggaan dan nilai tersendiri kalo kita berhasil menembus ‘gol’ Seleksi Masuk PTN, ato sekarang bekennya dengan SNM-PTN.

Dulu, waktu saya akan menghadapi SPMB, saya bingung, apa aja yang harus dilakukan menjelang tes masuk PTN. Soalnya, saya ngebet banget pengen masuk PTN. Alasannyaa simpel, karena biaya kuliah di PTN lebih terjangkau dibanding dengan di PTS. Saya pengen bikin orang tua saya bangga (walau belom bekerja) setidaknya biaya kuliah tidak begitu merepotkan orang tua saya yang notabene hanya PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Sebenernya, ada beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi aku dan temen-temen yang lulus masuk PTN (ITB). Nah, pengalaman dan tips itu pengen aku share dengan teman-teman yang baru atau akan mengulang kembali tes PTN.

  1. Persiapkan kemampuan akademik dengan banyak latihan soal-soal SPMB dan UMPTN. Minimal mengulang soal-soal sampai 5 tahun ke belakang. Karena, tipe soal yang keluar tiap tahun tida akan jauh berbeda. Practises makes you excellent.
  2. Persiapkan mental. Dekatkan diri kepada Tuhan YME, banyak berdoa, beribadah, dan beramal. Junjung tinggi prinsip Hope for the best, prepare for the worst.
  3. Jaga kondisi tubuh. Makan makanan bergizi, minum air putih minimal 8 gelas sehari, olahraga, dan istirahat 6-8 jam sehari.
  4. Optimis dan berpikiran positif. Ingat hukum tarik-menarik dalam The Secret (Kalo belom baca, nonton DVD nya, ya...). Jangan lupa tetep realistis untuk menentukan pilihan 1, 2, dan 3 pada SNM PTN.
  5. Berhenti belajar pada H min 2. Makanya nyicil belajar dari 3 bulan sebelum SNM PTN dilaksanakan. H-2 mending jalan-jalan ke mall, H-1 baca cepat dengan santai.
  6. Kerjakan ujian dengan rileks. Setelah ujian selesai, jangan dibahas dulu, mending baca-baca untuk persiapan hari 2. Bahas soal ujian setelah ujian hari 2 selesai aja.
  7. Ikhlas dan realistis. Kalo semua daya upaya sudah dikerahkan, tinggal terima hasil aja.
Gud Luck :)

Tidak ada komentar: